Budi Arie Menteri Kominfo Mendukung Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Budaya (S2KPKB)

Seniman memiliki peran penting dalam menjaga kearifan budaya dan identitas bangsa. Mereka adalah penjaga, pelestari, dan pengembang budaya bangsa.

Menteri Kominfo mendukung Satgas Seniman Komunikasi Publik Kearifan Budaya (S2KPKB). Yang diwakili oleh pelaku seni Fendi Pradana (Brahma Kumbara) dan Ely Rahmawati (Mantili).

Seniman melestarikan budaya dengan mempelajari, mempraktikkan, dan mewariskan seni tradisional kepada generasi penerus.Seniman mendokumentasikan budaya melalui karya seni. Seniman melindungi budaya dari pengaruh luar yang negatif. Mereka mempromosikan nilai-nilai budaya dan mendorong masyarakat untuk menghormati tradisi.

Peran sebagai seniman komunikasi publik yang mengangkat isu-isu kontemporer dari perspektif budaya, sehingga budaya dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan zaman.Seniman menjalin kerjasama dengan seniman dari negara lain untuk bertukar ide dan pengalaman, sehingga memperkaya budaya bangsa.

Budi Arie Selaku Menteri Kominfo berharap “Seniman memiliki peran penting dalam menjaga kearifan budaya dan identitas bangsa. Mereka adalah penjaga, pelestari, dan pengembang budaya yang memastikan budaya bangsa tetap hidup dan berkembang di tengah arus globalisasi, melalui ruang komunikasi publik.”ujarnya.

Aktor Fendi Pradana menambahkan”Seniman juga dapat memainkan peran lain dalam masyarakat, seperti sebagai kritik sosial, agen perubahan, dan pemersatu bangsa.”kata Fendi saat di jumpai awak media di wilayah Bintaro, Tangerang Selatan.Jumat (12/7/2024). Bersama Ely Rahmawati Mantili.

Dengan demikian, seniman adalah aset penting bagi bangsa dan perlu didukung dan diberdayakan agar mereka dapat terus berkarya dan melestarikan budaya bangsa.sebagai pihak yang efektif dalam komunikasi publik.

Raja Asdi dari Yayasan Generasi Lintas Budaya memandang “kematangan komunikasi aktor senior ini dalam merealisasikan isu-isu kearifan budaya sebagai suatu identitas bangsa yang penting dijaga.”tegasnya. Bersama Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Maret Samuel Sueken. Kedepannya Satgas ini dapat membahas kemajuan budaya dan komunikasi publik secara maksimal.(Djo)