Fendi Perdana ‘Brama Kumbara’ Apresiasi Program Poliran Polda Banten

Fendi Pradana, pemeran Brama Kumbara dalam film Saur Sepuh, mengapresiasi program Polisi Peduli Pengangguran (Poliran) Polda Banten. Pasalnya, program ini selain mengurangi angka pengangguran juga mengurangi tindak kejahatan di wilayah Provinsi Banten.

Fendi Pradana menyampaikan itu seusai mengikuti rapat kerja dengan Kapolda Banten, Irjen Pol Suyudi Ario Seto, dan jajarannya di Polda Banten, Serang, Kamis (3/10) pagi. Fendi Pradana adalah penasihat Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan.

Hadir juga Raja Asdi, Ketua Generasi Lintas Budaya Merawat Lingkungan dan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP).

“Poliran merupakan program yang baru buat Polri. Menurut saya ini gerakan yang sangat mulia. Selama ini yang masyarakat tahu polisi tugasnya yang keras-keras saja. Justru gerakan ini polisi peduli pengangguran. Sekali lagi saya katakan ini hal yang sangat mulia dan sangat baru,” kata Fendi.

Program Poliran dilaunching Polda Banten Agustus 2024. Program ini dibentuk sebagai respon adanya 450 ribu warga Banten yang masih menganggur. Program ini melaksanakan 3M, yaitu merekrut, melatih dan menyalurkan para pengangguran.

“Melalui program ini masyarakat diberi pelatihan, dibukakan lapangan pekerjaan, di antaranya memanfaatkan lahan kosong yang tidur. Tentu ini sangat bermanfaat buat masyarakat dan membantu mengatasi pengangguran dan tentunya nanti akan mengurangi kejahatan di wilayah hukum Polda Banten,” kata aktor yang membintangi sejumlah film laga ini.

Sementara itu Raja Asdi mengatakan program Poliran selaras dengan program Polda Banten yang lain, yaitu Polisi Peduli Lingkungan. “Poliran dan Polisi Peduli Lingkungan selaras dan ditindaklanjuti  Polda Banten,” kata Raja Asdi.