Olivia Zalianty Peduli Tanam Pohon Demi Masa Depan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Green OptimisticOlivia Zalianty bersama WaliKota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi, melakukan kegiatan penanaman pohon Batang Agam, Rabu (18/12/2019).

Kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka gerakan nasional pemulihan daerah aliran sungai KLHK dan Hari Bela Negaral 19 Desember.

Oliv,demikian sapaan putri dari artis peran senior Tetty Liz Indriati, didapuk menjadi Duta Bela Negara Lingkungan Hidup, selain menanam juga turut membagikan pohon ke pada masyarakat sekitar. Jumlah pohon yang ditanam dan dibagikan sebanyak 10 ribu pohon.

“Saya bangga dan bahagia sekali menjalani kegiatan merawat alam dengan menanam pohon sejumlah sepuluh ribu. Kegiatan ini baik bagi kehidupan manusia ke depan. Kalau pepohonan semakin berkurang sementara jumlah manusia semakin banyak. Jangan sampai  generasi berikut hanya mendapatkan oksigen hanya dari selembar daun,” ungkap Oliv.

Kegiatan penanaman 10 ribu pohon yang diinisiasi Generasi Lintas Budaya Foundation yang diketuai Raja Asdi, di mana Prof. Jimly Asshiddiqi dan aktivis kemanusiaan Hendardi duduk sebagai penasehat dan melibatkan sejumlah lembaga dalam menjaga dan merawat lingkungan seperti KLHK, BRG RI, BNPB,PUPR, ICMI, PB NU, PERTI, Karang Pohon dan PT PLN dijelaskan Oliv, merupakan sebuah fenomena yang harus terus dihidupkan setiap tahunnya agar lingkungan alam seluruh Indonesia tetap hijau, asri dan dapat mengantisifasi bencana longsor.

“Keterlibatan generasi muda dalam penanaman pohon dalam rangka BERSAMA merawat lingkungan hidup bumi pertiwi  mesti terus digalakkan karena meraka nantinya bisa menularkan kegiatan ini menjadi tradisi yang turun temurun,” tutur Oliv.

Mencintai dengan merawat alam dilakukan berkelompok dari aspek sosial juga mendorong generasi muda berinteraksi positif dan tidak melulu main gadget yang cenderung individual.

”Lihat saja di Payakumbuh ini anak-anak mudanya senang melakukan aktifitas olahraga rafting, bola basket, sepakbola,dan skateboard. Dari lokasi yang sehat dan nyaman seperti itu melahirkan juara di level Sea Games. Selain senang-senang bermain juga meningkatkan prestasi olah raga mengharumkan nama Indonesia,” jelas Oliv yang juga memliki seabreg prestasi di bidang wushu.

Menanam dan membagikan pohon untuk menjaga lingkungan hidup ini,kata Oliv merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan multi event lintas budaya  yang sejenis.

”Sebelumnya kegiatan cinta dan merawat lingkungan alam ini sudah dilakukan di beberapa daerah seperti di Riau,pekan depan dihadiri Nazir Foead Kabad BRG RI.Saya bukan saja mengajak untuk menanam, tetapi juga agar tahun 2020 di Payakumbuh dan seluruh Indonesia sudah zero plastic,”urai Oliv.

Menurut Oliv,kehadirannya di dalam kegiatan yang sangat fundamen bagi keberlangsungan kehidupan manusia ini tidak akan berhenti di sini. Dia akan terus mengajak masyarakat dan menyadarkan mereka betapa pentingnya menjaga lingkungan alam.

”Mulai saja yang terkecil tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuah sampah ke sungai itu bagi saya itu perbuatan jahat. Bukan saja membuat banjir dan merusak lingkungan,juga sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan kita semua,” kata Oliv.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Olivia Zalianty Peduli Tanam Pohon Demi Masa Depan, https://www.tribunnews.com/seleb/2019/12/19/olivia-zalianty-peduli-tanam-pohon-demi-masa-depan.

Editor: Toni Bramantoro