BPIP RI Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Praja Muda IPDN Kampus Sumatera Barat

Sumatera Barat – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  (BPIP), Memantapkan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Satuan Praja Muda IPDN Kampus Sumatera Barat.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP ) melakukan kegiatan penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila kepada Praja Muda kampus  IPDN Sumatera Barat, Sabtu 20 Agustus 2022. Tim BPIP terdiri dari Direktur Jaringan dan Pemberdayaan Dr. Irene Camelyn Sinaga, AP, M.Pd, Ibu Halida Hatta, Prof Sadono, Prof Tomy Away, Christine Hakim, Garin Nugroho, Raja Asdi. Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat Dr. Tun Huseno menyambut baik dan terimakasih pada BPIP yg memilih IPDN Kampus Sumatera Barat untuk memberikan materi penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dihadiri 216 orang Praja Muda di auditorium kampus IPDN Sumbar.

Lebih lanjut Tun menjelaskan kegiatan ini juga diikuti secara Daring oleh para Praja kampus daerah. Penguatan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ini merupakan kebutuhan Praja karena mereka dipersiapkan sebagai calon pemimpin bangsa kedepan, dan tentunya diharapkan nilai-nilai Pancasila menjadi sikap prilaku dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dimanapun berada.

Kegiatan dilakukan secara Panel dengan moderator Dr. Herita Dewi, MM Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Sumatera Barat. Helida Hatta menyampaikan bahwa ketika rumusan Pancasila oleh BPUPKI terutama sila pertama disitulah Bung Hatta hadir menyatukan dua pendapat yang berbeda sehingga disepekati dan diterima butir sila pertama seperti sekarang ini. Helida Hatta berpesan kepada Praja jadikanlah nilai-nilai Pancasila sebagai sikap perilaku, menerima keberagaman, dan jadikanlah semua itu menjadi kekuatan kita dalam mempererat dan memperkokoh persatuan bangsa.

Disisi lain Garin Nugroho mengatualisasikan tokoh HOS Cokroaminoto yang begitu santun dan bijak dalam merajut keberagaman tanpa membedakan satu sama lainnya.

Christine Hakim juga berpesan kepada Praja agar menguatkan aktualisasi nilai Pancasila, kita menerima keberagaman, dan dengan keberagaman itulah kita merajut kebersamaan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.@(BAF)