Kagumi Sosok Bung Karno, Ini yang Dilakukan Olivia Zalianty

JAKARTA — Artis Olivia Zalianty diam-diam mengagumi sosok pendiri bangsa Ir Soekarno atau dikenal juga dengan sebutan Bung Karno. Salah satu kekagumannya karena Bung Karno di usia yang masih remaja telah mampu menyatukan 17 ribu pulau menjadi Indonesia.

“Bagaimana tidak kagum pada usia 21 tahun Bung Karno dan kawan-kawan sudah bisa menyatukan 17 ribu pulau menjadi Indonesia. Bayangkan sekarang ini, usia segitu generasi muda masih asik bermain tik tok,” kata wanita yang akrab disapa Oliv ini di Jakarta, Ahad (3/1).

Tidak banyak generasi muda yang peduli akan nilai-nilai sejarah, terutama nilai kebangsaan  dari para founding fathers negeri ini. Satu di antara yang sedikit peduli akan sejarah dan menyelami pemikiran tokoh-tokoh perjuangan kebangsaan dan perjuangan kemerdekaan, dialah artis Olivia Zalianty, yang akrab disapa Oliv.

Oliv juga mendapatkan gambaran sosok Bung Karno itu dari hasil membaca beberapa buku tentang Bung Karno. Diantaranya Sewindu Bersama Bung Karno yang ditulis oleh mantan ajudan proklamtaor RI itu, Bambang Widjanarko, Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat ditulis Cindy Adams, dan buku Indonesia menggugat.

“Dari membaca itulah saya kagum terhadap sosok Bung Karno. Meski tindakan dia di sisi lainnya memunculkan kontroversi, tapi itulah manusia,” kata putri artis Tetty Liz Indriaty, dan adik dari Marcella Zalianty ini.

Oliv pun mencoba berkontribusi nyata buat bangsa dengan mendirikan Yayasan Generasi Lintas Budaya. Di sana bergabung juga tokoh Jimly Asiddiqie dan seniman Raja Asdi.

Yayasan yang bergerak di bidang lingkungan dan budaya itu, pada tahun lalu menyelenggarakan acara merawat lingkungan dengan menanam ribuan pohon di beberapa daerah di pulau Sumatera di antaranya di Riau dan Payakumbuh, Sumatera Barat.

“Tahun ini kegiatan di luar ruang saya kurangi karena pendemi korona.Pada Mei lalu, kami menggelar acara Konser Amal Berbagi Kasih Virtual bersama Bimbo. Kala itu Bimbo menciptakan dan menyanyikan lagu ciptaan terbarunya berjudul Corona,” tuturnya.

Sementara pada 19 Desember baru lalu, Oliv bersama Yayasan Generasi Lintas Budaya menggelar acar baca Puisi Bela Negara dalam rangka memperingati 72 tahun Hari Bela Negara.

Acara yang menghadirkan beberapa tokoh secara daring itu mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. ”Ini menjadi salah satu cara kita untuk menyampaikan bela negara dari kaum muda dan pembacaan puisi tentang bela negara,” kata Oliv.